Semester 2 Pertemuan 9

Kompetensi Dasar :

3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya.

 

Indikator :

3.7.1 Menjelaskan data diri atau lingkungan.

3.7.2 Menjelaskan cara pengumpulan data.

 

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menjelaskan data diri atau lingkungan.

2. Peserta didik dapat menjelaskan cara pengumpulan data.

 

Kegiatan kita hari ini :

Pendahuluan : berdoa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyimak pesan kesehatan,

Inti : memahami tentang data

Penutup : evaluasi, berdoa

 

Selamat pagi semuanya. Bagaimana kabar kalian semua?. Semoga selalu sehat dan tetap semangat untuk belajar ya!

Sebelum memulai pembelajaran, terlebih dahulu mari kita berdoa bersama,

Untuk meningkatkan rasa nasionalisme, mari kita menyanyikan lagu Indonesia Raya,

Terlebih dahulu kita simak pesan kesehatan berikut!

Pertemuan sebelumnya kita sudah mencatat data pribadi tentang tinggi dan berat badan serta golongan darah teman kalian. Nah, hari ini kita akan coba memahami data. Perhatikan contoh berikut!

 

Jumlah peserta didik di kelas V ada 25 siswa. Mereka memiliki hobi olah raga yang berbeda-beda, berikut datanya!

 

renang             bulu tangkis                 sepak bola                   tenis meja        bola voli

renang             sepak bola                   bola voli                      sepak bola       renang

sepak bola       tenis meja                    sepak bola                   bola voli          sepak bola

bulu tangkis     sepak bola                   renang                         bola voli          bulu tangkis

sepak bola       renang                         sepak bola                   renang             bola voli

 

Mari kita memahami data dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut!

1. Berapa siswa yang hobi berenang?, jawabannya adalah 6 siswa.

2. Berapa siswa yang hobi bulu tangkis?, jawabannya adalah 3 siswa.

3. Berapa siswa yang hobi sepak bola?, jawabannya adalah 9 siswa.

4. Berapa siswa yang hobi tenis meja?, jawabannya adalah 2 siswa

5. Berapa siswa yang hobi bola voli?, jawabannya adalah 5 siswa


Contoh berikutnya!

Berikut adalah data usia (dalam tahun) peserta didik kelas V!

10, 10, 9, 9,10, 11, 11, 10, 10, 11,

11, 12, 10, 11, 11, 12, 9, 11, 10, 13,

12, 11, 11, 12, 13, 11, 10, 11, 11, 10

 

Mari kita memahami data dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut!

1. Berapakah usia tertinggi?, jawabannya adalah 13

2. Berapakah usia terendah?, jawabannya adalah 9

3. Berapakah siswa yang usianya di atas 9 tahun?, jawabannya adalah 27

4. Berapakah siswa yang usianya di bawah 12 tahun?, jawabannya adalah 24

5. Urutkan data tersebut dari yang terkecil!

Urutannya adalah 9, 9, 9, 10, 10, 10, 10, 10, 10, 10, 10, 10, 11, 11, 11, 11, 11, 11, 11, 11, 11, 11, 11, 11, 12, 12, 12, 12, 13, 13.

Materi dapat juga diunduh di sini

Setelah memahami penjelasan di atas, tugas kalian hari ini menyelesaikan soal-soal di bawah ini. Setelah selesai kirim ke Bapak/Ibu guru kalian ya!

  Lembar Kerja Siswa dapat juga diunduh di sini

Setelah selesai pembelajaran, mari kita akhiri dengan berdoa, agar ilmu yang kita peroleh dapat bermanfaat. Aamiin.

Terima kasih, sampai bertemu kembali pada pertemuan yang akan datang, tetap semangat untuk belajar ya!

0 Response to "Semester 2 Pertemuan 9"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel