PERTEMUAN 11 : PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA (2)

 

KELAS 5 Semester 2

Kompetensi Dasar 3.8

Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang atau diagram garis.

Indikator :

3.8.1. Menjelaskan penyajian data diri.

3.8.2  Membandingkan data dari lingkungan.

Tujuan Pembelajaran : 

1.  Dengan mengamati gambar dan teks, siswa dapat menjelaskan penyajian data dalam bentuk daftar dengan percaya diri.

2.  Dengan mengamati gambar dan teks, siswa dapat menjelaskan penyajian data dalam bentuk tabel dengan percaya diri.

3.  Dengan mengamati gambar dan teks, siswa dapat menjelaskan penyajian data dalam bentuk piktogram dengan percaya diri.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PEMBIASAAN : LITERASI, TADARUS AL-QUR'AN, HIDUP BERSIH

A.  KEGIATAN PENDAHULUAN

1.     Berdo'a sebelum belajar

Selamat berjumpa kembali adik-adik sekalian siswa kelas V, dalam pembelajaran Matematika kali ini kita akan membahas tentang Pengumpulan dan Penyajian Data. Sebelum kita belajar, marilah kita bersama-sama berdo'a.                 

Silahkan KLIK Video
                        

2.     Memeriksa Kehadiran Peserta Didik

Guru memeriksa kehadiran siswa

3.    Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme dan Cinta Tanah Air dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

      Silahkan Klik Video


4.   Pesan Kesehatan

       Silahkan Klik Video

       B. KEGIATAN INTI

1.     Siswa mengamati gambar.

2.     Siswa mengamati daftar tinggi badan siswa.

3.  Guru memberikan penguatan kepada siswa bagaimana menyajikan data dalam bentuk daftar.

4.   Siswa memperhatikan gambar dan teks bacaan tentang daftar golongan darah siswa kelas V.

5.    Guru membimbing siswa membuat berbagai bentuk tabel.

6.  Siswa mengamati cara menyajikan data dalam bentuk diagram gambar.

Materi Pembelajaran : 

Melanjutkan pembahasan materi Pengumpulan dan penyajian data, perhatikan penjelasan berikut :  

PENYAJIAN DATA

Penyajian data sangat penting agar mudah untuk membacanya.

1.Membaca Data dan Menafsirkan

Menafsirkan data dari daftar dapat dilakukan terlebih dahulu dengan mengurutkan data dalam daftar dari yang terkecil.

140 142 138 150 155 156

165 148 145 157 158 162

154 156 155 149 151 152

152 157 160 143 154 163

150 140 142 138 150 160

Data di atas dapat diurutkan dari yang paling kecil (dalam cm) seperti berikut.

138 138 140 140 142 142

143 145 148 149 150 150

150 151 152 152 154 154

155 155 156 156 157 157

158 160 160 162 163 165

Berdasarkan daftar data di atas, diperoleh hasil seperti berikut.

Data terendah adalah 138 cm, data tertinggi adalah 165 cm.

2.Penyajian Data dalam Bentuk Tabel

Pengertian Tabel

Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom, atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks. Tabel banyak digunakan dalam komunikasi, penelitian, dan analisis data.

Daftar golongan darah tersebut dapat disajikan dalam berbagai tabel. Apabila bentuk di atas dibuat dalam bentuk tabel dengan memberikan garis kolom dan baris akan menjadi bentuk sebagai berikut.

Bentuk tabel di atas keuntungannya adalah sangat mudah untuk melihat banyaknya siswa kelas V, yaitu ditunjukkan pada kolom nomor.

Atau dalam bentuk :

Berdasarkan tabel di atas, kamu sangat mudah melihat siapa saja anak yang memiliki golongan darah A, B, AB, dan O. Banyaknya golongan darah juga langsung terlihat, yaitu A, B, AB, dan O. Pada kolom nomor akan menentukan banyaknya golongan darah, yaitu ada 4 golongan darah.

Apabila daftar golongan darah di atas menginginkan banyak siswa masing-masing golongan darah, maka dapat dibuat tabel berikut.

Pada tabel diatas pada kolom nomor menyatakan banyaknya golongan darah, yaitu ada 4 golongan darah. Banyaknya siswa yang memiliki golongan darah A, B, AB, dan O terdapat pada kolom banyak siswa atau disebut frekuensi. Tabel dengan kolom frekuensi disebut tabel frekuensi. Pada tabel frekuensi pada kolom bawah kanan menunjukkan jumlah. Jumlah di sini adalah banyaknya siswa kelas V, yaitu 30 anak. Tabel frekuensi sering digunakan untuk menyajikan data dari kelompok tertentu karena mudah untuk melihat informasi secara keseluruhan. Namun untuk melihat secara detail atau rinci, diperlukan data tambahan.

Tabel Frekuensi

·      Pengertian Tabel Frekuensi Distribusi Frekuensi atau tabel Frekuensi adalah suatu tabel yang banyaknya kejadian atau frekuensi (data didistribusikan ke dalam kelompok-kelompok atau kelas-kelas).

·    Distribusi frekuensi umumnya disajikan dalam daftar yang berisi kelas interval dan jumlah obyek (frekuensi yang termasuk dalam kelas interval tersebut).

·  Sebelum membuat tabel frekuensi dilakukan pengelompokkan data menjadi tabulasi data dengan memakai kelas-kelas data dan dikaitkan dengan masing-masing frekuensinya.

·     Pengelompokkan data ke dalam beberapa kelas dimaksudkan agar ciri-ciri penting data tersebut dapat segera terlihat.

·      Distribusi frekuensi ini akan memberikan gambaran yang khas tentang bagaimana keragaman data.

3. Membaca Tabel dan Menafsirkan Tabel

Perhatikan tabel frekuensi berikut.

Berdasarkan tabel di atas, dapat diperoleh informasi sebagai berikut. Siswa yang memiliki golongan darah A ada 12 anak. Siswa yang memiliki golongan darah B ada 7 anak. Siswa yang memiliki golongan darah AB ada 3 anak. Siswa yang memiliki golongan darah O ada 8 anak.
4. Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Gambar (Piktogram)

Siti dan teman-temanya hampir setiap hari berkunjung ke perpustakaan. Mereka belajar bersama di perpustakaan. Perpustakaan sekolah Siti menyediakan fasilitas meja dan kursi untuk belajar dan setiap siswa diberi kesempatan untuk meminjam buku di perpustakaan. Berikut data peminjam buku di perpustakaan.

Hari Senin sebanyak 25 siswa.

Hari Selasa sebanyak 20 siswa.

Hari Rabu sebanyak 30 siswa.

Hari Kamis sebanyak 15 siswa.

Hari Jum’at sebanyak 10 siswa.

Hari Sabtu sebanyak 45 siswa.

Data di atas dapat disajikan dalam bentuk diagram gambar. Diagram gambar data diwakili oleh gambar, sehingga nampak menarik.

   Perhatikan gambar berikut!
   

Video Bahan Ajar (Silahkan Klik Video)

 Materi Pembelajaran bisa di unduh DISINI       

       C. EVALUASI

1.     Tanya jawab

       Dalam sesi ini adik-adik bisa bertanya kepada guru masing-masing tentang materi Jaring-jaring bangun ruang apabila ada yang belum jelas.

2.   Mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik.

      Klik : DISINI

D. PENUTUP
              1. Menyanyikan Lagu Daerah
                  KLIK VIDEO
 
              2. Doa Penutup
                  KLIK VIDEO
     Demikianlah adik-adik Pembelajaran Matematika kali ini tentang Pengumpulan dan penyajian data untuk kelas V semester 2 semoga bermanfaat dan bisa dipahami. Sampai ketemu di pembelajaran selanjutnya. Selamat belajar.

1 Response to "PERTEMUAN 11 : PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA (2)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel