PERTEMUAN 12 PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA (Bagian 3)
KELAS 5 Semester 2
Kompetensi Dasar 3.8
Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang atau diagram garis.
Indikator :
3.8.1. Menjelaskan penyajian data diri.
3.8.2 Membandingkan data dari lingkungan.
Tujuan Pembelajaran
:
1. Dengan
mengamati gambar dan teks, siswa dapat menjelaskan penyajian data dalam bentuk
diagram batang dengan percaya diri.
2. Dengan
mengamati gambar dan teks, siswa dapat menjelaskan penyajian data dalam bentuk
diagram garis dengan percaya diri.
3. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk
diagram batang dengan benar.
4. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk
diagram garis dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBIASAAN : LITERASI, TADARUS AL-QUR'AN, HIDUP BERSIH
A. KEGIATAN PENDAHULUAN
1. Berdo'a sebelum belajar
Selamat berjumpa kembali adik-adik sekalian siswa kelas V, dalam pembelajaran Matematika kali ini kita akan membahas tentang Pengumpulan dan Penyajian Data. Sebelum kita belajar, marilah kita bersama-sama berdo'a.
2. Memeriksa Kehadiran Peserta Didik
Guru memeriksa kehadiran siswa
3. Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme dan Cinta Tanah Air dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
Silahkan Klik Video
4. Pesan Kesehatan
1. Siswa
mengamati gambar dan teks bacaan.
2. Guru
membimbing siswa membuat diagram batang.
3. Guru
menjelaskan proses membuat diagram batang berdasarkan contoh pada buku siswa.
4. Dengan
bimbingan guru, siswa menganalisis data dari diagram batang pada contoh sesuai
dengan buku siswa.
5. Siswa
mengamati teks tentang diagram garis.
6. Siswa mengamati gambar benda tentang pengukuran tinggi badan dan berat badan..
Materi Pembelajaran :
Melanjutkan pembahasan materi Pengumpulan dan penyajian data, perhatikan penjelasan berikut :
MENYAJIKAN
DATA DENGAN DIAGRAM BATANG
DAN
DIAGRAM GARIS
DIAGRAM
BATANG
Tujuan
dalam membuat diagram, yaitu untuk memudahkan bagi siapapun yang melihat data
yang ditampilkan dalam bentuk sederhana.
Langkah-langkah
dalam pembuatan diagram batang adalah sebagai berikut.
a) Buat
dua buah sumbu, yaitu datar dan tegak, dalam sumbu datar biasanya ditulis
bilangan frekuensinya, dalam pembagian skalanya pada masing-masing sumbu tidak
selalu mengambil skala yang sama.
b) Masing-masing
nama kategori untuk batangnya, berupa empat persegipanjang sebagai frekuensi.
Lebar batang antara nama kategori harus sama. Jarak antara batang yang satu
dengan batang yang lainnya juga harus sama.
c) Untuk
selanjutnya, masing-masing batang tersebut diberi warna yang sama atau diarsir
dengan corak yang sama.
Sebagai
penjabarannya adalah berikut ini :
Dayu
mencatat profesi semua orang tua di kelas V SD Nusantara 01. Setelah menanya
satu per satu diperoleh data profesi orang tua siswa kelas V SD Nusantara 01
adalah sebagai berikut. Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 8 orang. TNI
sebanyak 5 orang. Petani sebanyak 12 orang. Guru sebanyak 3 orang. Wiraswasta
sebanyak 2 orang. Diagram batang dari data di atas adalah sebagai berikut.
Tabel berikut adalah data nilai ulangan Matematika siswa kelas VI
Penyelesaian
Berdasarkan
diagram di atas dapat diperoleh hasil berikut.
•
Siswa yang mendapatkan nilai 4 ada 2 anak.
•
Siswa yang mendapatkan nilai 5 ada 6 anak.
•
Siswa yang mendapatkan nilai 6 ada 9 anak.
•
Siswa yang mendapatkan nilai 7 ada 8 anak.
•
Siswa yang mendapatkan nilai 8 ada 5 anak.
•
Siswa yang mendapatkan nilai 9 ada 4 anak.
• Siswa yang mendapatkan nilai 10 ada 2 anak.
MENYAJIKAN
DATA DENGAN DIAGRAM GARIS
Diagram
garis
Penyajian
data statistik dengan memakai diagram berbentuk garis lurus disebut diagram
garis lurus ataupun diagram garis. Diagram garis biasanya dipakai untuk
menyajikan data statistik yang didapat berdasarkan pengamatan dari waktu ke
waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y
menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan
waktu dan juga pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY. Selanjutnya,
kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus
sehingga akan didapat diagram garis atau sering disebut juga grafik garis.
Diagram
garis menunjukkan adanya kaitan antar data. Data berat badan dan tinggi badan
dapat diukur setiap waktu, data seperti ini disebut data kontinyu.
1. Membuat
garis horisontal (mendatar), garis horisontal biasanya digunakan untuk waktu.
Pada contoh di atas garis horisontal diisi umur siswa.
2.
Membuat
garis vertikal (tegak), garis vertikal pada contoh di atas diisi berat badan
siswa.
3.
Buatlah
titik-titik pasangan antarumur dan berat badan. (Misal 7, 25).
4.
Hubungkan
titik-titik dengan garis.
Perkembangan
berat badan Beni dapat disajikan dalam diagram garis sebagai berikut.
C. EVALUASI
1. Tanya
jawab
Dalam sesi ini adik-adik bisa bertanya
kepada guru masing-masing Pengumpulan dan penyajian data apabila ada yang belum jelas.
2.
Mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik.
Klik : DISINI
D. PENUTUP
1. Menyanyikan Lagu Daerah
KLIK VIDEO
0 Response to "PERTEMUAN 12 PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA (Bagian 3)"
Posting Komentar