PERTEMUAN 5 : BANGUN RUANG (Sub Pelajaran Jaring-Jaring Bangun Ruang)


BANGUN RUANG KELAS V (JARING-JARING BANGUN RUANG)

KELAS 5 Semester 2

Kompetensi Dasar 3.6

Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok).

Indikator :

3.6.1. Menentukan jaring-jaring kubus.

3.6.2. Menentukan jaring-jaring balok.

 Tujuan Pembelajaran : 

  1. Dengan mengamati gambar dan teks, siswa dapat menentukan jaring-jaring kubus.

  2. Melalui pengamatan gambar dan isi teks, siswa dapat menentukan jaring-jaring balok.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PEMBIASAAN : LITERASI, TADARUS AL-QUR'AN, HIDUP BERSIH

A.  KEGIATAN PENDAHULUAN

  1. Berdo'a sebelum belajar

     Selamat berjumpa kembali adik-adik sekalian siswa kelas V, dalam pembelajaran Matematika materi Bangun Ruang Sub pelajaran Jaring-jaring bangun ruang. Sebelum kita belajar, marilah kita bersama-sama berdo'a.

     
Silahkan KLIK Video
                    
                 2. Memeriksa Kehadiran Peserta Didik

  Guru memeriksa kehadiran siswa


3. Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme dan Cinta Tanah Air dengan 

    menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

    Silahkan Klik Video


                4. Pesan Kesehatan
                  Silahkan Klik Video

        B. KEGIATAN INTI
  1. Siswa melakukan aktivitas, sehingga siswa dapat menentukan jaring-jaring kubus.
  2. Siswa melakukan pengamatan gambar dan isi teks, untuk pengamatan gambar dan isi teks, siswa dapat menentukan jaring-jaring balok.
  3. Materi Pembelajaran : 
JARING-JARING KUBUS
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendapati bangun-bangun yang berbentuk kubus, diantaranya adalah dadu, kemasan makanan, mainan dan lain-lainnya. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kubus adalah ruang yang berbatas enam bidang segi empat (seperti dadu). Pengertian lain dari kubus adalah bangun ruang yang semua sisinya berbentuk persegi dan semua rusuknya sama panjang.

Jaring-jaring kubus terdiri atas enam buah bangun datar persegi atau bujur sangkar. Berikut ini penampakan dari gambar bangun kubus. Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi. Cara membuat jaring-jaring kubus, yaitu dengan membuka kubus pada rusuk-rusuknya.
Berikut ini adalah beberapa bentuk jaring-jaring kubus :


Jaring Jaring Balok
Pada langkah nomor 3 terbentuk salah satu jaring-jaring balok. Dapatkah kamu menemukan bentuk jaring-jaring balok lainnya?
Sama halnya dengna kubus, jaring-jaring balok diperoleh dengan cara membuka balok tersebut sehingga terlihat seluruh permukaan balok. Coba perhatikan alur pembuatan jaring-jaring balok yang digambarkan pada Gambar.
Jaring-jaring balok yang diperoleh pada Gambar (c) tersusun atas rangkaian 6 buah persegi panjang. Rangkaian tersebut terdiri atas tiga pasang persegi panjang yang setiap pasangnya memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Terdapat berbagai macam bentuk jaring-jaring balok. Diantaranya adalah sebagai berikut.

                 Video Bahan Ajar (Silahkan Klik Video)      
          Materi Pembelajaran bisa di unduh DISINI     
         C. EVALUASI

          1.   Tanya jawab

Dalam sesi ini adik-adik bisa bertanya kepada guru masing-masing tentang materi jaring-jaring bangun ruang, apabila ada yang belum jelas.   

    2.   Mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik

    Klik : DISINI

    
        
        D. PENUTUP
              1. Menyanyikan Lagu Daerah
                  KLIK VIDEO
                  
              2. Doa Penutup
                  KLIK VIDEO
     Demikianlah adik-adik Pembelajaran Matematika kali ini tentang Jaring-jaring bangun ruang untuk kelas V semester 2 semoga bermanfaat dan bisa dipahami. Sampai ketemu di pembelajaran selanjutnya. Selamat belajar

0 Response to "PERTEMUAN 5 : BANGUN RUANG (Sub Pelajaran Jaring-Jaring Bangun Ruang)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel